Muna Madrah dot Com

a Note of Urban Mommy

Masjid Agung Demak, a memorable Great Mosque for Me

20150423_102435[1]

Masjid Agung Demak dan Menaranya. Dok. Pribadi

Begini nih kalau urban Mom kayak saya dapet dinas luar, perjalanan dinas pun bisa jadi sebuah cerita. Mommies sudah pada tau kan kota Demak? Salah satu kota di pesisir utara Jawa Tengah yang berbatasan dengan Semarang. Di pusat kota di depan alun-alun kota Demak , berdiri sebuah masjid Ini dia review singkat kunjungan saya, sembari berdinas. Saya sendiri juga tinggal di Demak, tapi karena saya tinggalnya di daerah perbatasan Demak- Semarang, aktivitas saya  lebih banyak di Semarang. Saya sendiri malah jarang jalan-jalan ke kota Demak.*warga apaan tuh…* makanya pas ada dinas ke kota Demak bisa sekalian mampir ke Masjid yang penuh kenangan ini.

Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Kota ini disebut juga sebagai kota wali. Sejarah Demak dan Walisongo memang tak terpisahkan. Ada sebuah masjid yang sangat legendaris di pusat kota Demak. Masjid ini di bangun oleh walisongo secara bersama-sama pada tahun saka 1399 (1477 M). Dan masjid yang sangat legendaris masih kokoh berdiri, yaitu Masjid Agung Demak. Tiang-tiang masjid dari kayu masih kokoh berdiri, masing-masing tiang mempunyai nama wali, yang artinya beliaulah yang mendirkan tiang tersebut. Sakaguru Sunan Ampel (Surabaya), Sakaguru Sunan Bonang (Tuban), Sakaguru Sunan Gunung Jati (Cirebon), Sakaguru Sunan Kalijaga. Khusus Sakaguru Sunan Kalijaga diberi nama “SAKATATAL” yang artinya terbuat dari serpihan kayu, konon memang tiang tersebut dibuat oleh Sunan Kalijaga dari serpihan kayu yang di ketam dalam bahasa jawa disebut “TATAL”, dan dibuat hanya dalam waktu satu malam.

20150423_102915[1]

Kompleks MAsjid Agung Demak. Dok Pribadi

Biasanya orang mengunjungi Masjid agung Demak untuk wisata religi, ziarah. Menyaksikan situs sejarah yang sunggu terawat dengan baik dalam bangunan masjid nan Agung. Atau hanya singgah sholat dalam perjalanan ke kota selanjutnya di sepanjang Pantura. Di kompleks Masjid Agung demak juga terdapat makam Raja-raja dan keluarga kerajaan Demak. Serta situs bersejarah kolam wudhu bersejarah. Selain itu mommies bisa juga masuk ke museum Masjid Agung Demak untuk menyimak perkembangan Masjid Agung Demak dari masa ke masa. Tapi kalau mommies mau ziarah ke makam sunan Kalijaga, makam beliau tidak ada dalam komplek ini, melaikan di kompleks makam sunan kalijaga di Kadilangu, sekitar 10-15 menit dari pusat kota.

PhotoGrid_1429864095971[1]Dulu beberapa tahun lalu meski sebagai situs sejarah, pemerintah belum terlalu mengoptimalkan potensi wisatanya. Penataan terkesan kumuh, dan pengemis dibiarkan berkeliaran sangat mengganggu peziarah.

Alhamdulillah, dari tahun ketahun perhatian pemerintah Kab Demak semakin meningkat. Halaman masjid di percantik, parkir diatur dan tidak ada lagi pengemis berkeliaran (masih ada sih…satu dua).

Buat saya pribadi masjid bersejarah ini, akan selalu menjadi sejarah, disinilah disaksikan oleh situs-situs sejarah Ikrar janji Ijab dan Qabul akad nikah kami berlangsung, sangat sederhana, dan khusyuk…ahhhhh ternya itu sudah 8 tahun yang lalu. Semoga sakinah mawadah warohmah selalu. Amin.

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Akhir Desember 2007, Setelah Akad Nikah Di Masjid Agung Demak. Dok Pribadi

Jum’at Mabruk Everybody!

Previous

Rice Cake ala Urban Mom

Next

Mampir Ke Warung H. Ismun

4 Comments

  1. Ealaaahh baru tahu aku kalo klian nikah di masjid demak. Jd itu situs bersejarah bgt dong ya :)
    Semoga samara selalu ya :*

  2. izin ngopy gambar masjid agung demaknya ya… mau dibuat jadwal imsakiyah

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén& Modified by Miss Fenny